Rabu, 29 April 2009

Tim-tim Mulai Pemanasan

* Tour de Singkarak

PADANG-Sehari menjelang pelaksanaan Tour de Singkarak banyak tim melakukan pemanasan. Upaya ini untuk memulihkan kondisi selepas mengikuti Jelajah Malaysia pekan lalu. Setidaknya tiga tim sudah melakoni masa pemulihan itu sejak Selasa (28/4/2009) pagi hingga sore.
Empat tim yang sudah terlihat melakoni latihan adalah Polygon Sweet Nice, Aisan Jepang, Trek Marcopolo, dan Custom Cycling Club Solo. Keempat tim ini sama-sama mengikuti Jelajah Malaysia dan berharap recovery ini bisa membawa hasil.
Recovery yang dilakukan tim tidak memelajari rute. Tujuan recovery ini untuk memulihkan kebugaran lantaran mepetnya waktu rest yang dimiliki tim. “Kami hanya latihan biasa untuk pemulihan kondisi saja,” terang pebalap Polygon Sweet Nice, Hari Fitrianto. “Kalau mengamati rute, rasanya tidak mungkin. Karena kami hanya ingin recovery,” imbuhnya.
Polygon Sweet Nice melakoni latihan pemulihan kondisi hanya sejauh 50 km. Jarak ini dianggap sudah cukup mengingat recovery tidak butuh panjang jarak dan waktu yang ditempuh selama recovery. Melainkan bagaimana menjaga kondisi agar tetap kembali bugar setelah melakoni tour.
Hal serupa juga disampaikan pebalap CCC, Parno. Pebalap terbaik Indonesia pada Tour de Indonesia itu juga melakoni hal serupa lantaran kondisi mereka habis-habisan sepulang ikut Jelajah Malaysia . "Tadi hanya latihan dua jam, dan berusaha mengembalikan kondisi,” terangnya selepas makan siang.
Sementara tim manajer Aisan Jepang Misuteru Tanaka menilai balapan kali ini cukup berat. Dimana banyak medan tanjakan yang selama ini bukan spesialisasi pebalap Jepang. Selama ini tim-tim asal Jepang kerap dicap tangguh di medan flat karena tipikalnya seorang sprinter.
“Tetapi kami memiliki Takumi Beppu yang seorang climber dalam tim tersebut,” terang manajer yang akrab disapa Jhony itu, melalui penerjemah Nana Watarai. Selain memiliki Beppu, Aisan juga menyertakan jawara etape ketiga Tour de East Java tahun lalu, Taiji Nishitani. Masalahnya Taiji bukanlah seorang climber, tetapi tangguh di medan rolling-rolling.
Aisan juga tak mau kalah dalam latihan pemulihan kondisi. Mereka tidak terlalu memaksakan latihan pada hari pertama. Taiji Nishitani dkk hanya berlatih sebentar disekitar hotel dan tidak menghabiskan waktu berjam-jam. Sebab pebalap yang mereka bawa tidak jauh berbeda dengan yang diturunkan di Jelajah Malaysia kemarin. (*)

Tidak ada komentar: